Mendengar pepatah tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, bukan berarti Anda harus belajar langsung ke negara tersebut, tapi carilah ilmu sebanyak-banyaknya bahkan sampai ke tempat yang jauh sekalipun. Pendidikan memang menjadi hal yang sangat penting bagi manusia. Semakin tinggi tingkat pendidikan akan semakin tinggi kesejahteraan hidup yang dapat dicapai. Ada banyak metode yang bisa digunakan dalam suatu kegiatan pembelajaran. Metode-metode ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pelajar itu sendiri.

Tingginya semangat belajar tidak terbatas oleh usia, jenis kelamin atau pekerjaan seseorang. Banyak pekerja yang masih ingin menuntut ilmu di tengah-tengah aktivitas kerjanya. Waktu yang terbatas menjadi kendala tersendiri bagi pekerja yang ingin mengambil kuliah konvensional. Masalah ini bisa terjawab dengan metode belajar E-Learning.

E-Learning, Memanfaatkan Teknologi untuk Kegiatan Belajar Jarak Jauh

Saat ini kemajuan teknologi memungkinkan banyak interaksi pembelajaran tidak perlu dilakukan secara langsung dengan tatap muka. Teknologi E-Learning atau kuliah online saat ini sudah mulai banyak ditawarkan. Pendidikan jarak jauh(PJJ) ini memiliki beberapa kelebihan tersendiri dibandingkan metode perkuliahan dengan tatap muka secara langsung. Metode belajar online ini cocok bagi pekerja-pekerja yang hanya memiliki waktu luang di akhir pekan dan di jam-jam setelah pulang kantor.
Pendidikan secara E-Learning dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat komputer atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet. Sistem yang terintegrasi dengan baik membuat siswa dapat memperoleh semua informasi perkuliahan yang dibutuhkan dan mampu melaksanakan sistem pembelajaran dengan baik. Output yang diperoleh dari sistem pembelajaran ini juga tidak kalah dengan perkuliahan konvensional.

Kelebihan yang Ditawarkan oleh Sistem E-Learning

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh sistem pembelajaran online ini, diantaranya :
  1. Jadwal belajar fleksibel
Sistem E-Learning memungkinkan siswa untuk mengatur jadwal sendiri. Jadwal belajar fleksibel ini didukung dengan akses materi yang bisa dilakukan dari mana pun dan kapan pun.
  1. Ritme belajar sesuai kemampuan siswa
Kegiatan belajar yang dilakukan secara individu membuat siswa dapat menyesuaikan dengan kemampuan diri masing-masing. Siswa bisa mengulang materi sampai beberapa kali sesuai dengan kebutuhan. Hal ini salah satu yang tidak bisa didapatkan dari sistem pembelajaran tatap muka di dalam kelas.
  1. Siswa dapat memahami materi dengan lebih baik
Tiap-tiap siswa biasanya memiliki waktu-waktu tersendiri saat konsentrasi dan fokus mereka berada pada kondisi paling optimal. Waktu belajar yang fleksibel dapat dimanfaatkan siswa untuk melaksanakan proses belajar pada waktu-waktu yang tepat agar pemahaman materi dapat terjadi lebih cepat dan mudah.
  1. Lebih hemat tenaga, biaya serta waktu
Perkuliahan online bisa dilakuan dari mana saja seperti di rumah, di kantor atau di tempat lainnya. Model perkuliahan ini akan sangat menghemat biaya transportasi, tenaga serta waktu yang biasanya diperlukan untuk perjalanan ke tempat kuliah konvensional.
 
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
SMA Negeri 1 Keruak © 2020. All Rights Reserved. Dikembangkan dan dikelola oleh TIM IT SMAN 1 KERUAK
Top